Mengatasi Takut Mandi

Apa jadinya kalau seseorang udah sebulan  ga mandi - mandi ???

Hehehe…bau banget.

Seorang anak muda usia 24 tahun mengeluhkan dirinya ga berani mandi sejak sebulan lalu kepada saya.

Penyebabnya pernah suatu ketika ia mandi lalu mengalami kedinginan yang luar biasa sehingga tangan dan kakinya menjadi kaku lalu harus masuk rumah sakit selama 5 hari.

Dan ketika sembuh kejadian itu berulang lagi  sehingga membuatnya menjadi trauma terhadap mandi.
Biasanya memang semua jenis fobia, termasuk fobia mandi sering dihubungkan pada suatu kejadian yang traumatis di masa lampau. Kejadian tersebut mungkin telah terjadi pada anda, keluarga anda atau bahkan dari seseorang dari pertunjukan di Televisi atau Film.  Anda bisa atau tidak secara sadar mengingat kejadian yang menjadi pemicu.Takut mandi juga dapat dibentuk dari rasa takut orang lain. Jika orangtua kita atau keluarga dekat kita memiliki ketakutan yang sama, anda bisa saja mengadopsi reaksi orang tersebut sewaktu anda kecil. Dengan kata lain, secara tidak langsung anda terpengaruh dengan ketakutan orang tersebut.
Kemungkinan lain adalah phobia tersebut dibentuk dari kebiasaan buruk di masa kecil. Terbiasa menghindari waktu mandi dan akhirnya terus terbiasa hingga dewasa.

Dan Alhamdulillah setelah diterapi dirumah terapi harum, pemuda itu bisa mandi seperti biasa dan tidak pernah mengalami penyakit kedinginan seperti yang sebelumnya.

Langkah apa yang harus anda lakukan ketika anda mengalaminya : Hilangkan traumatis akibat dari penyebab anda takut mandi tersebut, kemudian penyakit /keluahan penyebab takut mandi tersebut bicarakan kepada orang yang berkompeten seperti psikolog ataupun hipnoterapist karena biasanya itu merupakan masalah psikosomatis.

maknunfajarsusilo

www.rumahterapiharum.multiply.com

No comments:

Post a Comment