20 Penemuan muslim yang mempengaruhi abad ini

1. KOPI
Bermula dari seorang Arab bernama Khalid yang sedang menggembala kambingnya di wilayah Kaffa, bagian selatan dari Ethiopia. Ketika ia melihat kambing-kambingnya lebih segar setelah memakan biji-bijian dari dari sejenis tumbuhan. Ia lalu merebus biji tersebut dan membuat kopi pertama di dunia. Sejarah kemudian mencatatnya setelah biji-biji kopi tersebut akhirnya di ekspor dari Ethiopia ke Yaman yang digunakan oleh para sufi untuk mengusir kantuk pada saat beribadah pada malam hari atau pada acara-acara tertentu. Pada akhir abad 15 Kopi tiba di Mekah dan Turki hingga akhirnya tiba di Venesia pada tahun 1645. Kopi di bawa ke Inggris pada tahun 1650 oleh oeang turki yang bernama Pasqua Rosee, orang yang membuka kedai kopi pertama di Jalan Lombard di kota london. Kopi yang dalam bahasa Arabnya "qahwa" di Turki disebut "kahve" di Italia disebut "caffe" dan di Inggris disebut "coffee".

2. KAMERA
Orang-orang Yunani kuno menganggap mata kita memancarkan sinar, seperti laser, hingga memungkinkan kita untuk melihat. Orang pertama yang menyadari bahwa sinarlah yang memasuki mata, bukannya memancarkannya, merupakan seorang muslim ahli matematika abad ke-10, astronom dan fisikawan Ibn al-Haitham. Ia membuat kamera pin-hole pertama setelah mengamati cara cahaya datang melalui lubang di jendela jendela. Semakin kecil lubang, semakin jelas bentuknya, ia lalu membuat Kamera Obscura pertama (dari kata "qamara" dalam bahasa Arab untuk ruangan gelap atau ruang pribadi). Dia juga disebut orang pertama yang merancang secara phisik dari sebuah pemikiran philosofi menjadi bentuk experimen ilmiah.

3. CATUR
Permainan catur di mainkan oleh India kuno, namun di kembangkan menjadi bentuk permainan seperti yang kita kenal sekarang di Persia. Dari sana lalu berkembang ke Eropa, yang di perkenalkan oleh bangsa Moors di Spanyol pada abad ke 10 dan berkembang ke timur hingga jepang. Kata "benteng" berasal dari bahasa persia "rukh" yang berarti kereta.

4. PESAWAT TERBANG
Seribu tahun sebelum wright bersaudara, Seorang penyair muslim, astronomer, musisi dan engineer bernama Abbas Ibnu Firnas telah melakukan beberapa upaya untuk membangun sebuah mesin terbang. Pada tahun 852 ia melompat dari menara Masjid Agung di Cordoba menggunakan jubah longgarnya yang dipadu  dengan  kayu struts. Dia berharap untuk meluncur seperti burung, tetapi tidak berhasil. Jubahnya melambat lajunya, menciptakan apa yang dianggap sebagai parasut pertama, dan hanya menyebabkan luka yang sedikit. Pada tahun 875, saat usianya 70 tahun, setelah menyempurnakan mesin terbangnya yang memakai  sutera dan bulu elang ia mencoba lagi, melompat dari sebuah gunung. Dia terbang dari satu ketinggian  dan ia bisa bertahan di ketinggian selama sepuluh menit tetapi jatuh pada saat mendarat -ia menyimpulkan dan ternyata benar bahwa itu karena ia tidak memberikan ekor ekor pada perangkatnya sehingga akanmelambat saat mendarat.  Bandara internasional Bagdad dan sebuah kawah di Bulan dinamai menurut namanya.

5. SABUN / SHAMPOO
Kegiatan mencuci dan mandi merupakan bagian dari hal religius bagi umat Islam, tidak heran jika mereka menyempurnakan resep untuk sabun yang kita gunakan saat ini. Bangsa Mesir kuno juga memiliki sabun sejenis, seperti  orang Romawi namun hanya menggunakannya lebih sebagai sebuah pomade. Tapi  orang Arablah yang menggabungkan minyak nabati dengan sodium hidroksida dan aromatik seperti minyak thyme.Shampoo diperkenalkan ke Inggris oleh seorang Muslim yang membuka pemandian uap "Mahomed's India Vavour bath" di pinggir laut Brighton pada 1759. Dari sana Keramas di perkenalkan dari ahli bedah hingga Raja George IV dan William IV.

6 DISTILASI
Distilasi, cara memisahkan cairan melalui perbedaan titik didihnya, diciptakan sekitar tahun 800 oleh ilmuwan terkemuka Islam, Jabir ibn Hayyan, yang mengubah alchemi(philosofi ilmiah)  menjadi ilmu kimia yang nyata, Dia menciptakan banyak proses dasar dan peralatan yang masih digunakan sampai sekarang dalam hal pencairan , kristalisasi, distilasi, pemurnian, oksidasi, penguapan dan filtrasi. Selain dikenal sebagai penemu asam sulfat dan nitrat, ia juga menciptakan alat "alembic still" (alat untuk proses distilasi), yang dipergunakan  untuk extract air mawar  dan membuat parfum lain dan alkohol (meskipun meminumnya adalah haram dalam Islam). Ibn Hayyan membuat  eksperimen secara sistematis dan beliau adalah h pendiri ilmua kimia modern.

7 CRANK-SHAFT
Alat (crank-shaft) engkol-poros adalah perangkat yang putaran  menjadi gerak linear banyak dipakai mesin dalam dunia modern, paling tidak mesin pembakaran internal. Salah satu penemuan mekanis terpenting dalam sejarah umat manusia, diciptakan oleh seorang insinyur Muslim cerdik bernama Al-Jazari untuk mengangkat air untuk irigasi. Dalam bukunya tahun 1206 mengenai Pengetahuan tentang Alat Mesin  menunjukkan ia juga menemukan atau menyempurnakan penggunaan katup dan piston, merancang beberapa jam mekanik pertama dengan tenaga air dan berat, dan merupakan ayah  dari dunia robotika. Salah satu diantara 50 penemuannya adalah kunci kombinasi.

8 QUILTING
Quilting adalah metode menjahit atau mengikat dua lapis kain dengan lapisan bahan pengikat di antaranya. belum jelas apakah ini ditemukan di dunia Muslim atau apakah itu diimpor dari India atau Cina. Tapi jelas datang ke Barat melalui tentara salib. Mereka melihat itu digunakan oleh prajurit Saracen, yang memakai bahan yang telah di quilting  berupa baju dibalik baju besi mereka. Selain sebagai bentuk perlindungan, itu terbukti sebagai pelindung efektif terhadap radang besi logam bagi Tentara Salib. Ahirnya quliting menjadi industri rumah  bagi negara beriklim dingin seperti Inggris dan Belanda.

9 ARSITEK
Bentuk Lengkungan meruncing yang merupakan karakteristik katedral Gothic di Eropa adalah temuan arsitektur Islam. Bentuk tersebut jauh lebih kuat dari lengkungan bulat yang digunakan oleh Romawi dan Normandia, sehingga memungkinkan membangun gedung yang lebih besar, lebih tinggi, lebih kompleks dan lebih megah. temuan lainnya dari jenius Muslim termasuk kubah bergaris, rose windows dan teknik membangun kubah. Kastil Eropa juga meniru arsitek islam  di dunia Islam - dengan celah panah, benteng, barbican dan papapet. Menara persegi dan ruang jalan lurus untuk pertahanan. Benteng Henry V juga di rancang oleh arsitek muslim.

10 ALAT BEDAH
Banyak peralatan  bedah modern yang desainnya persis sama dengan yang dibuat pada abad 10 oleh seorang ahli bedah Muslim bernama Al-Zahrawi. Pisau bedah, gergaji tulang, tang, gunting halus untuk bedah mata dan sebanyak 200 alat ciptaannya tetap di pakai oleh  ahli bedah modern. Dialah yang menemukan Catgut, alat yang digunakan untuk jahitan internal yang dapat melarutkan diri secara alami (penemuan itu terjadi ketika seekor monyet menelan senar kecapinya) dan ternyata benda tersebut juga dapat digunakan untuk membuat kapsul obat. Pada abad ke-13, petugas medis muslim lainnya bernama Ibn Nafis menjabarkan tentang sirkulasi darah, 300 tahun sebelum William Harvey menemukannya. Muslim dokter juga menemukan obat bius dari campuran opium dan alkohol dan menemukan jarum berongga yang dipakai untuk menyedot katarak dari mata, sebuah teknik yang masih digunakan sampai saat ini.

11. KINCIR ANGIN
Kincir angin ditemukan pada tahun 634 untuk kalifah Persia yang digunakan untuk menggiling jagung dan mengangkat air untuk irigasi. Di padang pasir luas Arabia, ketika sungai sedang musim kering, satu-satunya sumber listrik adalah angin yang bertiup terus dari satu arah selama berbulan-bulan. Kincir tersebut memiliki enam atau 12 layar yang tercakup dalam kain atau daun palem. Hal itu terjadi 500 tahun sebelum kincir angin pertama terlihat di Eropa.

12. INOKULASI
Teknik inokulasi tidak diciptakan oleh Jenner dan Pasteur tapi dirancang di dunia Muslim dan dibawa ke Eropa dari Turki oleh istri duta besar Inggris ke Istanbul pada tahun 1724. Anak-anak Turki telah divaksin dengan cacar sapi untuk melawan cacar yang mematikan setidaknya 50 tahun sebelum Barat menemukannya.

13 PENA CAIR
Fountanin pen
(pena cair) diciptakan untuk Sultan Mesir pada 953 setelah ia menuntut pena yang tidak akan menodai tangan atau pakaian. Pena tersebut menyimpan tinta dalam sebuah reservoir dan sebagai pena modern, ia bekerja dengan sistem grapitasi dan sistem kapiler.

14.MATEMATIKA
 Sistem angka yang dipakai  dunia mungkin berasal dari India tapi sistem  penjabaran angka berasal dari Arab dan pertama muncul di cetak dalam karya matematikawan Muslim Al-Khwarizmi dan Al-Kindi sekitar 825 masehi. Kata Aljabar ditemukan  setelah buku al-Khwarizmi, Al-Jabr wa-al-Muqabilah, banyak isi buku tersebut yang masih dipakai hingga kini. Karya sarjana matematika Muslim dibawa ke Eropa 300 tahun kemudian oleh matematikawan Italia, Fibonacci. Algoritma dan banyak teori trigonometri datang dari dunia Muslim. Dan penemuan Al-Kindi mengenai analisis frekuensi telah merubah sistem yang dipakai sejak jama kuno dan menciptakan dasar ilmu kriptologi modern.

15. TATA CARA MAKAN
Ali bin Nafi, yang dikenal dengan nama panggilannya Ziryab (berung hitam) datang dari Irak ke Cordoba pada abad 9 dan membawa konsep makan berupa 3 urutan hidangan makanan yang bermula dari  sup, diikuti dengan ikan atau daging, lalu makan buah dan kacang. Dia juga memperkenalkan gelas kristal (yang telah ditemukan setelah percobaan dengan batu kristal oleh Abbas ibn Firnas - lihat poin no 4).

16. KARPET
Karpet dianggap sebagai bagian dari surga oleh kaum Muslim abad pertengahan, berkat teknik canggih tenun mereka, paduan dari bahan  kimia Islam dan pola yang ditata dengan rapi  merupakan karya seni islam yang tidak mudah dijumpai. Sebaliknya, lantai Eropa adalah jelas biasa saja, tidak bersahaja, sampai karpet di perkenalkan oleh arab dan persia. Di Inggris, yang dicatat dalam catatan Erasmus disebut, lantai yang "tertutup rumput, kadang-kadang diperbaharui, tetapi sangat tidak sempurna.  Lapisan bawahnya dibiarkan tidak terganggu, kadang-kadang selama 20 tahun, menyimpan dahak, muntah, kotoran anjing dan manusia, potongan-potongan ikan, dan lainnya yang tidak layak disebutkan ". Tidak mengejutkan bagaimana akhirnya karpet dengan cepat berkembang disana.

17. CHECK
Moderen Cek yang berasal dari bahasa Arab :
"saqq", yang berarti sumpah tertulis untuk membayar barang ketika mereka telah diantar ketujuan, untuk menghindari membawa uang di medan berbahaya. Pada abad ke-9, seorang pengusaha Muslim dapat menguangkan cek di China yang dananya ditarik dari bank mereka di Baghdad.

18. GEOGRAPHI
Pada abad ke-9, para sarjana Muslim telah menganggap sudah sewajarnya bahwa bumi itu bulat. Buktinya, kata astronom Hazm Ibn, "adalah bahwa matahari selalu vertikal terhadap satu titik tertentu di Bumi". Hal itu terjadi 500 tahun sebelum Galileo. Perhitungan astronom Muslim sangat akurat sehingga di abad ke-9 mereka memperhitungkan lingkar bumi menjadi 40,253.4 km - menguranginya sebanyak 200km. Ilmuwan Al-Idrisi membawa globe yang menggambarkan dunia ke pengadilan Raja Roger dari Sisilia pada 1139.

19. MESIU
Meskipun Cina penemu mesiu, dan menggunakannya dalam kembang api mereka, orang Arab telah berhasil memurnikannya dengan potasium nitrat untuk kepentingan militer. khawatir akan  Tentara Salib. Pada abad ke 15 mereka telah membuat roket, yang mereka disebut "telur bergerak sendiri dan membakar", dan sebuah terpedo paduan bom berbentuk buah pir dengan tombak di bagian depan yang akan menusuk dirinya meledak bila di tembakkan ke kapal musuh.

20. TAMAN
Eropa abad pertengahan memiliki dapur dan taman tanaman obat, tapi orang-orang Arablah yang mengembangkan gagasan kebun sebagai tempat keindahan dan meditasi. Taman dengan julukan "The Royal Pleasure Garden" pertama dibuka di Eropa pada abad ke-11 oleh Muslim Spanyol. Disamping itu kita juga mengenal Bunga yang berasal dari daerah  Muslim termasuk anyelir dan tulip.

"1001 penemuan: Mengenal Warisan Muslim untuk dunia" adalah sebuah pameran baru yang akan diperkenalkan secara nasional di Museum Science , Manchester. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.1001inventions.com.



diterjemahkan dari :sumber

4 comments:

  1. 1001 inventions taun lalu bikin pameran di New York Science Museum

    ReplyDelete
  2. semoga makin membuka wawasan dunia akan khasanah ilmu pengetahuan dalam dunia islam

    ReplyDelete
  3. ini lg ngubek poto2 dr pameran sanah.. ntar diposting d grup :)

    ReplyDelete