Refresh : Perbedaan sharing di group dan MP pribadi (group regulation)

Sharing belum tentu "sharing" bila ditinjau dari Group Regulation.

Maaf, ini hanya sekedar mengingatkan untuk tata tertib yang lazim dalam sebuah group...
Simple sebenarnya,,,namun jangan sampai hal ini terjadi pada kita. Anggap saja untuk meambah wawasan kita semua.. :-)

Ketika kita memutuskan untuk "joint" pada sebuah komunitas / group di dunia maya, tentu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

Sebenarnya Sharing atau berbagi di group tentu memiliki perpedaan sharing dengan MP pribadi. Kita bisa melakukan apa saja dengan MP pribadi, tetapi hal itu bisa jadi berkesan lain bila berada dalam group.

Contoh yang sering terjadi adalah masalah posting pada jalur "link".

Kita semua sepakat bahwa jalur link adalah jalur singkat untuk menyampaikan informasi. Silahkan kita sharing link-link yang bermanfaat. Namun di sini ada yang harus kita hindari. Yaitu memosting link-link yang semuanya mengarah ke MP pribadi. Sesekali hal ini tidak masalah untuk membuat sesama member saling mengunjungi. Namun bila ternyata hampir 95 % postingan kita hanya link-link yang mengarah ke MP kita, maka hal ini tidak bijaksana bila kita berada dalam satu group.

Sharing yang kita maksud malah berubah artinya menjadi "selfish".

Kita hanya menyebar link-link pada group tanpa menuangkannya dalam bentuk postingan yang bisa di bahas bersama dalam group dan semuanya mengarah pada MP pribadi. Hal ini terasa kurang bijaksana bila kita berada dalam suatu group.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita.

2 comments:

  1. sama-sama.

    Cara lain yang bagus bila ingin memberi link yang mengarah ke MP pribadi adalah membuat satu postingan pada jalur posting, menulis di kolom tersebut, dan menyertakan link sumber yang berasal dari MP pribadi. Bukan hanya sebatas link-link yang mengarah ke mp pribadi

    ReplyDelete