Arab saudi larang organisasi penyesatan Ahamdyah berhaji ke Mekah

Saudi Larang Ahmadiyah Berhaji


Foto: Warga Ahmadiyah di Bekasi
Warga Ahmadiyah tak diperbolehkan melaksanakan ibadah haji pada tahun 2009 ini oleh Departemen Agama Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini merupakan penegasan ulang, karena larangan tersebut sebelumnya disampaikan pemerintah Arab Saudi kepada pemerintah Indonesia.

[ahmadiyah.jpg]


Menurut Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi NTB, Lalu Suhaimi Ismi, larangan warga Ahmadiyah menunaikan haji datang dari Saudi Arabia dan bukan dari pemerintah Indonesia. "Apa urusannya dengan jama'ah Ahmadiyah. Pemerintah Saudi mengatakan orang Ahmadiyah tidak boleh naik haji sebelum mereka mengubah sikap dan kembali kepada ajaran Islam yang benar," kata Lalu Suhaimi kepada wartawan di Mataram Senin 10 Agustus 2009.

Keberadaan jama'ah Ahmadiyah di Nusa Tenggara Barat terutama di Lombok hingga saat ini diakui Lalu masih ada. Bahkan pihak pemerintah NTB sudah membentuk tim untuk mengajak warga Ahmadiyah itu kembali ke ajaran Islam.

Meski demikian Departemen Agama tidak melakukan proteksi jika ada warga Ahmadiyah yang mendaftar menunaikan haji. "Kalau mereka mengaku-ngaku sama artinya mereka membohongi diri dong. Kita tidak memproteksi mereka, karena sifatnya nurani saja," ujar Lalu.

Angka orang yang berangkat haji yang tinggi dari NTB--mencapai 4449 orang dan masih akan bertambah--kemungkinan dimanfaatkan oleh jam'ah Ahmadiyah untuk menunaikan haji. Karena itu Departemen Agama tetap akan mengawasi mereka.

Jumlah pengikut jama'ah Ahmadiyah di Kota Mataram saat ini diperkirakan mencapai 137 orang mereka ditampung di asrama transito Majeluk Mataram. Sebelumnya Gubernur NTB KH. Muhammad Zainul Majdi pernah meminta warga Ahmadiyah mengubah sikap mereka. (ant/itz)


http://dunia.pelajar-islam.or.id/dunia.pii/arsip/saudi-larang-ahmadiyah-berhaji.html

No comments:

Post a Comment